Advertisement

Sifat Seorang Penulis

Advertisement

https://portalndroid.blogspot.com/2017/05/sifat-seorang-penulis.html

Gubuk Alkalali,-portalndroid.blogspot.com. -Sifat-sifat yang harus dimiliki seseorang yang ingin memulai menjadi seorang penulis hebat. Hai sobat blogger yang kami harap baik dan sehat semuanya, dan sukses selalu.
Menjadi seorang penulis berarti menjadi seorang pembaca yang ingin beralih menjadi penulis yang dibaca dan dinikmati oleh para pembacanya. Digemari dan sering sekali ditunggu karya tulis lainnya dari para pembacanya.
Penulis adalah hasil dari seorang pembaca yang  baik, intinya jika ingin menjadi seorang penulis harus juga diawali menjadi seorang pembaca yang baik. Bagaimana bisa menjadi seorang penulis tanpa di awali dengan terlebih dahulu menjadi pembaca yang baik, ini adalah awal modal utama kita jika ingin menjadi seorang penulis.

A. Penulis Bisa Dikatakan Seorang Guru Bisa Juga Tidak
https://portalndroid.blogspot.com/2017/05/sifat-seorang-penulis.html


  • Apakah seorang penulis itu bisa dibilang sebagai guru?
  • Jawabannya, bisa iya dan bisa juga tidak!
  • Kenapa?

Karena disaat kita sedang menulis jangan posisikan diri kita sebagai guru atau pembimbing, sifat inilah yang harus dibuang jauh-jauh oleh para penulis, dikarenakan jika sedang menulis dan kita posisikan diri kita sebagai guru maka hal yang akan terjadi ialah kita lebih banyak memberitahu tanpa bisa merasakan. Nah kalau sudah terjadi seperti ini maka yang ditimbulkan dari pemikiran pembaca menjadi keraguan didalam mengartikan isi tulisan yang penulis buat.
Iya penulis bisa dikatakan seorang guru pada saat  hal-hal yang belum dimengerti pembaca dan diketahuinya bisa didapatkan dengan membaca artikel yang ditulis oleh penulisnya. Ini mutlak didapatkan tanpa perlu kita mengakui kalau kita seorang guru. Dengan memberikan isi tulisan yang bisa dan mudah dipahami oleh pembaca serta memberikan pengetahuan baru bagi para pembacanya.

Bisa juga tidak, sekarang penulis tidak bisa dikatakan seorang guru dengan alasan penulis bukanlah orang yang ahli dalam segala sesuatu nya didapatkan dengan mudah atau instan tanpa ada pembelajaran sendiri dan memperbaiki serta memperkaya kualitas pengetahuan nya dengan mencari referensi dari karya tulis dari penulis lainnya.syarat ini wajib dimiliki dan mutlak bagi seorang penulis.jika sifat ini kita tidak miliki maka para pembaca kita akan beranggapan bahwa kita akan menjadi seorang penulis yang menjiplak atau mengcopy karya tulis orang lain.kalau sudah begini, maka tinggal tunggu saja.anda menjadi seorang penulis yang sekaligus guru atau hanya menggurui dengan hasil menjiplak karya orang lain.

Terakhir,mari kita posisikan diri kita ini sebagai teman bagi pembaca dan seorang yang dekat dengan pembacanya melalui karya yang kita tulis, tanpa ada sifat menggurui dan segala sifat yang merusak niat pembaca yang ingin menikmati dan mengetahui hal-hal yang belum dimengerti dengan membaca karya tulis yang kita buat. Jangan memaksakan menulis artikel atau tulisan yang bukan atau tanpa pembelajaran terlebih dahulu."mencoba yang lain boleh,asalkan didasari dengan pengetahuan yang baik dan harus terus banyak belajar.

B. Penulis Harus Berpendidikan Tinggi?
https://portalndroid.blogspot.com/2017/05/sifat-seorang-penulis.html


  • Apa Diharuskan,Menjadi Seorang Penulis Wajib  Terlebih Dahulu Berpendidikan Tinggi?
  • Kuliah,Sma,SMP atau SD?


Semua kalangan berhak menjadi penulis,salah jika diartikan penulis harus diawali dengan pendidikan yang tinggi. Bukan pendidikan nya yang tinggi tapi wawasannya lah yang harus setara dengan orang yang berpendidikan tinggi, lalu timbul pertanyaan bagaimana caranya? Caranya dengan terus belajar membaca dan memahami, menggali potensi diri sendiri dengan usaha ekstra dan niat yang tulus dari hati yang tulus dan ikhlas. Tulus dalam melakukan dan ikhlas dalam menghadapi segala tantangan yang harus dilalui dan cobaan yang harus ditempuh.jadi bukan suatu  keharusan bagi seorang penulis itu harus berpendidikan tinggi tapi jadikan pendidikan tinggi sebagai upaya dan usaha untuk menjadi penulis yang baik.

C. Berprilaku Baik Dimasyarakat
https://portalndroid.blogspot.com/2017/05/sifat-seorang-penulis.html


  • Wajib Bagi penulis untuk mempunyai perilaku baik di masyarakat luas, kenapa?

Dengan prilakunya baik Dimasyarakat maka kita sudah bisa menjadi seorang penulis sekaligus seorang Guru,dan Seorang Dengan Berpendidikan tinggi serta berwawasan luas. Isi tulisan seorang penulis itu merupakan cerminan dari prilakunya yang baik Dimasyarakat.bisa saja seorang penulis menjadi seorang penipu, dengan artikelnya Yang tidak mendidik para pembaca nya.hanya karena perilakunya yang kurang baik di masyarakat. Menulis bukan menghasut, menghina,dan menyudutkan sesuatu. Tapi dengan perilaku baik Dimasyarakat kita bisa menjadi penulis yang baik  tanpa harus menipu,menghina,mencaci dan menyudutkan. Dan siap menjadi seorang guru,pendidik dan sahabat bagi pembaca.
Saya Kira Cukup Ketiga sifat sederhana yang harus kita miliki jika ingin memulai sebagai seorang penulis. Dan Tetap Semangat pantang menyerah terus belajar, berpikir baik dan positif dan jangan tinggalkan prilakunya baik didalam bermasyarakat. Salam/

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sifat Seorang Penulis"

  1. penjelasan mengenai seorang penulis diatas memang pada intinya kita siap bersosialisasi dengan masyarakat luas dan selalu berkelakuan baik diantaranya, soal pendidikan mah nggak terlalu jadi inti sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas,saya sependapat..
      Terimakasih sudah mampir

      Delete

Berkomentar Yang Baik Dan Sesuai Postingan!!.. Terimakasih